INOVASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA RUMAH SAKIT SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI

Main Article Content

Arif Sofianto

Abstract

Salahsatu wujud reformasi birokrasi dalam pelayanan publik adalah peningkatan kualitas pelayanan, lebih cepat, lebih murah, lebih mudah, dan lebih berkualitas. Pada sektor kesehatan, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengembangkan pelayanan berbasis elektronik. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan implementasi pelayanan berbasis teknologi informasi, identifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta identifikasi kontribusi penggunaan teknologi informasi terhadap reformasi birokrasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 7 rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengelola layanan rumah sakit serta pembuat aplikasi sistem. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan, pengolahan dan penyajian data secara simultan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Pelayanan berbasis teknologi informasi berkembang sesuai dengan kapasitas dan sumberdaya masing-masing. Sistem yang dibangun secara mandiri lebih berkembang dan berlanjut, serta biaya rendah. 2) Faktor pendukung adalah budaya kerja yang baik, komitmen, edukasi, profesionalisme, tanggungjawab, egaliter, transparan, dan konstruktif. Hambatan internal berupa komitmen, kompetensi, dan sarana. Hambatan eksternal adalah aksesibilitas dan kurangnya pemahaman masyarakat. 3) Kontribusi pelayaan berbasis teknologi informasi adalah kecepatan pelayanan, kepastian waktu tunggu, transparansi, dan keadilan. Manfaat bagi rumah sakit meningkatkan efisiensi kerja, kecepatan dan kemudahan dalam memberikan pelayanan.

Article Details

How to Cite
Sofianto, A. (2020). INOVASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA RUMAH SAKIT SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 18(1), 81-102. Retrieved from http://ejournal.bappeda.jatengprov.go.id/index.php/jurnaljateng/article/view/811
Section
Artikel

References

Adrizal, Fatma Sriwahyuni, Yufri Aldi. 2019. Analisis Pelayanan Resep
Konvensional dan Elektronik serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di RSUD M. Natsir Solok Indonesia. Jurnal Sains Farmasi
& Klinis. Vol. 06 No. 03 | Desember 2019

Akhmaddhian, Suwari. 2012. Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap
Perizinan Penanaman Modal di Daerah; Studi Kasus di Pemerintahan Kota Bekasi.
Jurnal Dinamika Hukum Vol 12 No 3 September 2012.

Andhika, Lesmana Rian. 2017. Systematic Review: Budaya Inovasi Aspek
Yang Terlupakan Dalam Inovasi Kepegawaian. Jurnal Civil Service. Vol. 11, No.1, Juni 2017: Hal. 49 – 61

Arikunto, Suharsini. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, Eddy. 2017. Era Disruption dan Manajemen Stratgic Birokrasi.
http://setkab.go.id/manajemenstrategik-komunikasi-publik-diera-digital/. 11 Oktober 2017

___________. 2017. Manajemen Strategik Komunikasi Publik di Era
Digital, http://setkab.go.id/manajemenstrategik-komunikasi-publik-diera-digital/. 3 Juli 2017

Daniel, Moehar, Darmawati, Nieldalina. 2005. PRA, Pendekatan Efekti
Mendukung Penerapan Penyuluhan Partisipatif dalam Upaya Percepatan
Pembangunan Pertanian. Jakarta. Bumi Aksara

Holle, Erick S. 2011. Pelayanan Publik Melalui Electronic Government:
Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service.
Jurnal Sasi Vol.17 No.3 Bulan Juli-September 2011

Indrajit, Richardus Eko. 2006. Electronic Government; Konsep Pelayanan
Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. Aptikom.
Jakarta

Muchsam, Yoki & Fazriana Mareta. (2019). Analisis Pengaruh
Kepahaman Sistem Rujukan Online Peserta BPJS Terhadap
Kepuasan Pelayanan BPJS. Seminar Nasional Informatika
Medis (SNIMed) 5 Oktober 2019. Teknik Informatika, UII.
Sleman, Yogyakarta. ISSN. 2339-2207

Nabyla, Fuaida, Rito Cipta Sigitta Hariyono. 2019. Desain Aplikasi
Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone
Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Rumah Sakit.
Journal of Information System Vol. 4, No. 2, Nopember 2019:
168-177

Nurbarani, Myrna. 2009. Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota
Surakarta. Tesis Program Studi Magister Ilmu Politik Program
Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.
http://eprints.undip.ac.id/24269/1/ MYRNA_NURBARANI.pdf

Nuril, Ahmad. 2018. Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Semarang;
Studi Kasus Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies Vol 7, No 2 (2018): Periode Wisuda April
2018. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik, Universitas Diponegoro.

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010) tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025

Rizki, Ahmad. 2019. Inovasi Facilitating Service Di Rumah Sakit Umum
Daerah Abdul Moeloek (Studi Tentang Reservasi Online
Support System). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi
Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. PT Refika
Aditama. Bandung

Taufan. 2017. Implementasi Reformasi Birokrasi Dan Kualitas
Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2014-2016. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
http://repository.umy.ac.id

Usman, Husaini & Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi
Penelitian Sosial. Bumi Akasara. Jakarta

Yusriadi & Misnawati. 2017. Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan
Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu
Administrasi Publik Volume 7 Nomor 2 Juli – Desember 2017.
Hal 99-108. Homepage: http://ojs.unm.ac.id/index.php/ia
p/index