OPTIMALISASI LAYANAN PASIEN UMUM DAN KUSTA DI RSUD KELET

Main Article Content

Tri Risandewi

Abstract

Data Kementerian Kesehatan RI per April 2019 menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Tengah merupakan salahsatu provinsi yang memiliki jumlah kasus baru kusta sebanyak 1.445 atau 8,49 persen dari total jumlah kasus di Indonesia. RSUD Kelet sebagai salahsatu RS rujukan pasien kusta perlu meningkatkan kualitas layanan terhadap pasien kusta walaupun sudah beralih menjadi RSUD. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai konsekuensi penyebaran penyakit kusta terhadap pelayanan pasien kusta di Provinsi Jawa Tengah dan bagaimana kualitas pelayanan kepada pasien kusta dan umum, serta bagaimana strategi RSUD Kelet dalam meningkatkan kualitas pelayanan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui telaah dokumen, observasi, FGD dan wawancara mendalam. Lokasi penelitian ini di RSUD Kelet Kabupaten Jepara dan beberapa kabupaten/kota yang terdeteksi kasus kusta (Kabupaten Blora, Brebes, Kota Pekalongan, dll). Hasil penelitian menunjukkan dampak penyebaran penyakit kusta terhadap pelayanan pasien kusta di Jawa Tengah saat ini menyebabkan layanan penderita kusta di faskes belum optimal karena sistem rujukan yang berjenjang, akses ke RS rujukan terlalu jauh, tata laksana dan perawatan untuk pasien kusta di faskes masih kurang memadai dan stigma negatif dari masyarakat. Perubahan status RS khusus kusta menjadi RSUD Kelet terhadap pelayanan kusta tidak memberikan dampak negatif namun malah mampu menjadi supporting system bagi pelayanan penderita kusta serta mampu memberikan dampak positif peningkatan pendapatan RSUD Kelet. Strategi pengembangan ke depan yaitu ingin mengembangkan RSUD Kelet sebagai center of excellent, RS pusat penelitian kanker dan RS kusta berbasis penelitian serta mengintegrasikan antara kesehatan, lingkungan dan wisata dengan pengembangan kawasan sekitar RSUD Kelet Jepara.

Article Details

How to Cite
Risandewi, T. (2020). OPTIMALISASI LAYANAN PASIEN UMUM DAN KUSTA DI RSUD KELET. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 18(1), 103-119. Retrieved from http://ejournal.bappeda.jatengprov.go.id/index.php/jurnaljateng/article/view/812
Section
Artikel

References

A. Pasuraman.Valerie A, Zethmal dan Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of
Retailing Vol 64 (1) pp 12-37.

Azwar. 2006. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkungan Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasyim, Hamzah. 2007. Hubungan Lingkungan Rumah dan Sosiodemografi dengan Penemuan Penderita Baru Penyakit Kusta di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2004-2006. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kusnadi, Dadang. 2012. The Changing of Institutional Status and Quality of Hospital Patient Care in Hospital. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Volume 7
No. 2 September 2012.

Notoadmodjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

RSUD Kelet. 2014. Converting Service To Care. Jepara: RSUD Kelet

Setianto. 2010. Persepsi Pasien Jamkesmas Terhadap Kualitas Pelayanan BLUD Wangaya, Kota Denpasar. Tesis. UI. Program Magister Perencanaan dan
Kebijakan Publik.

Siregar, C. J. P. dan Amalia L. 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapannya. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Sjamsoe-daili, E.S Menaldi, S.L Ismiarto, SP, Nilasari H.2003. Kusta Diagnosis dan Penatalaksanaan. Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:CV Alfabeta.

Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Utama, S. 2003. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Referensi Pendukung untuk Mahasiswa, Akademik, Pimpinan, Organisasi dan
Praktisi Kesehatan. Universitas Sumatera Utara

Dinas Kesehatan Prov. Jateng.Buku Saku Kesehatan Triwulan 3 Tahun 2019. Diakses tanggal 9 Desember 2019 website: http://dinkesjatengprov.go.id/v2018/dokumen/bukusakutw32019/mobile/index.html#p=39

Peraturan Menteri Kesehatan No. 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit

Peraturan Menteri Kesehatan No. 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Pasien