PENGARUH PERILAKU PETANI DALAM PENERAPAN SAPTA USAHATANI TERHADAP PRODUKTIVITAS PADI DI KELOMPOK TANI VANDA SUBUR, KOTA SEMARANG

  • Arfiola Darmawan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro
  • Siwi Gayatri Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian,Universitas Diponegoro, Semarang
  • Sriroso Satmoko gribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang
Keywords: keterampilan, pengetahuan, produktivitas, sikap, usahatani

Abstract

Kelompok Tani Vanda Subur adalah salah satu kelompok tani penghasil padi terbanyak di Kota Semarang. Kelompok Tani Vanda Subur memiliki kendala yaitu adanya hama dan penyakit. Para petani dalam menangani kendala tersebut mengacu pada sapta usahatani padi sehingga membuat Kelompok Tani Vanda Subur tetap menjadi salah satu kelompok tani penghasil padi terbanyak di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Menganalisis perilaku petani dalam penerapan sapta usahatani padi. 2) Menganalisis pengaruh perilaku petani dalam penerapan sapta usahatani terhadap produktivitas padi. Penelitian dilaksanakan pada 02 Febuari 2020 – 02 Maret 2020 yang berlokasi di Kelompok Tani Vanda Subur, Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebesar 32 anggota Kelompok Tani Vanda Subur. Metode pengumpulan data berasal dari wawancara dengan bantuan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan petani tergolong dalam kriteria tinggi, 2) Variabel pengetahuan, sikap, dan keterampilan berpengaruh nyata secara bersama-sama terhadap produktivitas, variabel pengetahuan secara parsial tidak berpengaruh terhadap produktivitas, variabel  sikap dan  keterampilan secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas. Peningkatan produktivitas dapat terbentuk ketika produksi mengalami kenaikan.

References

Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi Di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap.
Perilaku Petani Anggota Subak Terhadap Program Optimasi Lahan (Opla) Pada Budidaya Tanaman Padi (Kasus Subak Tegan, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung)
Published
2021-07-15
How to Cite
Darmawan, A., Gayatri, S., & Satmoko, S. (2021). PENGARUH PERILAKU PETANI DALAM PENERAPAN SAPTA USAHATANI TERHADAP PRODUKTIVITAS PADI DI KELOMPOK TANI VANDA SUBUR, KOTA SEMARANG . Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(1), 37-48. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i1.849