Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

JURNAL LITBANG PROVINSI JAWA TENGAH

 

Pengiriman

Naskah untuk publikasi di Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah dapat berupa artikel hasil penelitian dan artikel ulas balik (review/mini review). Naskah belum pernah dipublikasikan pada majalah/jurnal lain. Penulisan dapat disampaikan dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah yang ditulis dalam bahasa Inggris harus dikonsultasikan dan diperbaiki terlebih dahulu oleh ahli bahasa Inggris. Naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan Jurnal Litbang dan yang ditulis tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris akan ditolak dan Editor tidak berkewajiban untuk mengembalikan naskah yang bersangkutan.

Penulis diminta register pada situs website:

 

http://ejournal.bappeda.jatengprov.go.id

 

REDAKSI JURNAL LITBANG PROVINSI JAWA TENGAH

d/a Bappeda Provinsi Jateng

Jl. Pemuda 127 - 133

Semarang – 50132

 

Email: jurnallitbangjateng@gmail.com

           

 

Format

Umum. Seluruh bagian dari naskah termasuk judul tabel dan gambar, catatan kaki table, legenda gambar dan Daftar Pustaka diketik dua spasi pada kertas HVS ukuran kuarto, batas atas-bawah dan samping masing-masing 2,5 cm. Pengetikan dilakukan dengan menggunakan huruf bertipe Times New Romas berukuran 12 point dengan spasi 1 dan tidak bolak-balik. Gambar dan tabel dari publikasi sebelumnya dapat dicantumkan apabila mendapat persetujuan dari penulisnya. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan Ulas balik, komunikasi singkat, dan ulasan ditulis sebagai naskah sinambung tanpa subjudul Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan. Komunikasi singkat dan ulasan ditulis paling banyak 12 halaman (termasuk gambar dan tabel), sedangkan hasil penelitian dan ulas balik ditulis 12-15 halaman atau 30.000 – 40.000 karakter tanpa spasi, termasuk gambar dan tabel. Susunan naskah hasil penelitian dibuat sebagai berikut:

 

Judul. Pada halaman judul ditulis judul artikel dalam bahasa Indonesia  dan Inggris, singkat dan informatif dan mampu menerangkan isi tulisan, nama setiap penulis (tanpa gelar), nama dan alamat institusi bagi masing-masing penulis, dan catatan kaki yang berisikan tentang terhadap siapa korespondensi harus ditujukan dalam bahasa Indonesia, diikuti judul dalam bahasa Inggris dan jika ditulis dalam bahasa Inggris tuliskan judul dalam bahasa Inggris saja.

 

Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. paling banyak terdiri atas 250 kata dalam satu paragraph, diketik pada lembar kertas terpisah dengan spasi tunggal. Abstrak berisi ringkasan pokok bahasan lengkap dari keseluruhan naskah (Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil, Kesimpulan) tanpa harus memberikan keterangan terperinci dari setiap bab. Hindari penggunaan singkatan. Kata kunci dengan judul “Key words” (maksimum 6 kata) ditulis dalam bahasa Inggris dalam bahasa Inggris di dalam parantesis di bawah abstrak.

 

Pendahuluan. Berisi penjelasan latar belakang/problematik yang dikaji dan tujuan penelitian dilakukan. Gunakan pustaka yang benar-benar mendukung latar belakang yang diungkapkan. Sebaiknya tidak mengutip hasil-hasil penelitian terdahulu yang tidak dipublikasikan. Nama organisme (Indonesia/daerah) yang tidak umum harus diikuti dengan nama ilmiahnya pada pengungkapan pertama kali.

Bahan dan Metode. Berisi informasi teknis dan uraikan secara lengkap jika metode yang digunakan merupakan metoda baru. Untuk metode yang sudah umum digunakan, cukup dengan menyebutkan pustaka yang diacu.

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil. Berisi pengungkapan hasil-hasil penelitian saja, yang dapat disajikan dalam bentuk tubuh tulisan, tabel/ bagan/ grafik/ gambar/ foto disertai keterangan yang jelas dan informatif. Keterangan gambar ditulis dibawah gambar, sedangkan keterangan tabel ditulis di atas tabel dan harus disitasi dalam tubuh tulisan.

Pembahasan. Berisi interpretasi hasil-hasil penelitian yang diperoleh dan pembahasan yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian yang pernah dipublikasikan.

 

Simpulan. Nyatakan simpulan atas hasil dan pembahasan secara singkat, padat dan tanpa nomor urut.

 

Ucapan Terimakasih. (Opsional) Ditujukan kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian dan penyusunan naskah

 

Daftar Pustaka. Daftar Pustaka ditulis memakai sistem nama dan disusun secara abjad. Beberapa contoh:

 

Jurnal:

Rueppel ML, Brightwell BB, Schaefer J, Marvel JT. 1997. Metabolism and degradation of glyphosate in soil and water. J Argric Food Chem 25:517-528

 

Buku

Moore-Landecker E. 1990. Fundamentals of the fungi. Ed ke-3.New Jersey:Prentice Hall.

 

Bab dalam buku:

Van Welzen PO, Verheij EWM. 1997. Nephelium lappaceum L. Di dalam: Verheij EWM, Coronel RE (ed). Prosea Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 299-306.

 

Abstrak:

Kooswardhono, M, Sehabudin. 2001. Analisis ekonomi usaha ternak sapi perah di wilayah Provinsi Jawa Barat. Abstrak Seminar Pengembangan Peternakan Berbasis Sumberdaya Lokal. Bogor, 8-9 Agustus 2001. Bidang Sosial dan Ekonomi-15. hlm 189.

 

Prosiding :

Lukiwati DR, Hardjosoewignjo S. 1998. Mineral content improvement of some tropical legumes with Glamous fungi inoculation and rock phosphate fertilization. Di dalam : Proceedings of the International Workshop on Mycorrhiza.Guangzhou, PR China, 6 September – 31 August 1998. hlm 77 – 79.

 

Skripsi/Tesis/Disertasi:

Ismunadji M. 1982. Pengaruh Pemupukan belerang terhadap susunan kimia dan produksi padi sawah. (Tesis). Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Informasi dari Internet:

Hansen L. 1999. Non target effect of Bt corn pollen on the Monarch butterfly (Lepidoptera: Danaidae). http://www.ent.iastate.edu/ensoc/ncb99/prog/abs/D81.html. (21 Agu 2009)

 

Acuan Pustaka dalam teks ditulis dengan model nama dan tahun yang diletakkan di belakang kata-kata, ungkapan atau kalimat yang diacu. Acuan yang ditulis dalam teks harus ada dalam daftar pustaka yang diacu dan sebaliknya bila ada dalam daftar pustaka juga harus ada dalam teks. Kata-kata, ungkapan atau kalimat yang ada dalam teks tanpa sumber acuan dapat dianggap sebagai pendapat penulis dan bila ternyata sebenarnya mengacu dari pustaka lain, dapat dianggap plagiat.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.