/

Pengaruh Motivasi Usaha dan Kemampuan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha di UMKM Pengolahan Pisang Kelurahan Rowosari, Tembalang Semarang

  • Aisyah Nur Wastuti Diponegoro University
  • Wulan Sumekar Universitas Diponegoro
  • Agus Subhan Prasetyo Universitas Diponegoro
Keywords: keberhasilan, kemampuan, motivasi, pisang, UMKM

Abstract

Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang menjadi salah satu daerah dengan pertumbuhan usaha yang cukup pesat di Kota Semarang. Dengan adanya potensi tersebut dan melimpahnya produksi pisang menjadikan hal ini sebuah peluang untuk mengembangkan usaha di sektor makanan terutama berbahan dasar komoditas pisang. Kelompok UMKM Mekarsari merupakan salah satu kelompok yang cukup aktif dalam mengembangkan usaha olahan makanannya terutama olahan berbahan dasar pisang yang mudah didapatkan dan pasarnya cukup luas. Namun, karena banyaknya pengusaha yang menekuni usaha dibidang ini maka persainganpun semakin ketat sehingga terdapat kesenjangan antar pengusaha satu dengan lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan berwirausaha. 2) Menganalisis pengaruh tingkat motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan berwirausaha. Penelitian berlokasi di  32 UMKM pengolahan pisang bernama UMKM Mekarsari di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang. Metode yang digunakan merupakan metode studi kasus dengan pendekatan secara kuantitatif. Penentuan responden menggunakan metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 37 pekerja dan pengusaha olahan pisang. Metode pengumpulan data diambil dengan melakukan wawancara dengan alat bantu kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sikap motivasi, kemampuan dan keberhasilan usaha tergolong tinggi. Growth pada motivasi usaha memiliki nilai paling tinggi diantara kedua faktor lainnya. Sedangkan untuk kemampuan usaha faktor pemasaran memiliki nilai paling tinggi, dan daya saing pada keberhasilan usaha memiliki nilai paling tinggi 2) Variabel motivasi dan kemampuan usaha berpengaruh nyata terhadap keberhasilan usaha secara simultan dengan nilai FHitung sebesar 7,966 3) UMKM Mekarsari dikatakan sudah layak dalam menjalankan usaha pengolahan pisangnya karena memiliki nilai R/C Ratio yang melebihi 1. Nilai tambah keempat produk pun cukup tinggi karena nilainya lebih dari 40% dan nilai keuntungan yang melebihi 50%.

Kata kunci : keberhasilan, kemampuan, motivasi, pisang, UMKM

References

Andriani, Nina dan Zuliyati. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara).
Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Tembalang dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik, Semarang.
Fernanda, R. 2016. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada UMKM Di Desa Wisata Bobung Gunungkidul Yogyakarta. J. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 5(2): 81 – 95.
Gemina, D., E. Silaningsih, dan E. Yuningsih. 2016. Pengaruh Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi Pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. J. Manajemen Teknologi. 15(3): 297 – 323.
Gerungan, W. A. 2014. Psikologi sosial. Bandung:PT. Gresco.
Gunartin, G. 2017. Penguatan UMKM sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. J. Eduka : Pendidikan, Hukum dan Bisnis. 2(2): 46 – 55.
Hartono dan D. D. Hartomo. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. J. Bisnis dan Manajemen. 14(1): 16 – 30.
Huarng, K. H., A. Mas-Tur, dan T. H. K. Yu. 2012. Factors Affecting the Success of Woman Entrepreneurs. J. International Entrepreneurship and Management. 8(4): 487 – 497.
Ic, M. dan E. Visantia. 2013. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Tanah Abang Jakarta. J. Manajemen. 13 (1): 1 – 14.
Indriyatni, L. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Pada Usaha Kecil di Semarang Barat). J. STIE Semarang. 5(1): 54 – 50.
Makaruwung, V., P. A. Pangemanan, dan C. B. D. Pakasi. 2017. Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe. J. Agri-Sosial Ekonomi. 13(2A): 83 – 90.
Maulida, S., dan A. Yunani. 2017. Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. J. Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 2(1): 181 – 196.
Mesiono. 2010. Manajemen dan organisasi. Bandung:Cita Pustaka Media.
Minola, T., G. Criaco, dan M. Obschonka. 2016. Age, Culture, and Self-Employment Motivation. J. Small Business Economics. 46(2): 187 – 213.
Muzaki, A. 2016. Pengaruh Karakteristik, Minat, dan Motivasi Usaha Pada UMKM Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. (Skripsi). Makasar. Universitas Negeri Makasar.
Poerwadaminta. 2002. Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Purnomo, C. dan Suryanto. 2010. Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Keci (Studi Pada Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur). J. Manajemen dan Kewirausahaan. 12(2): 117 – 184.
Purnomo, R. 2019. Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha amplang di Kota Samarinda. (Skripsi). Samarinda. Universitas Mulawarman.
Sari, W. I . K., dan D. Harjanti. 2016. Analisis Hubungan Faktor Demografi dengan Kesuksesan Wirausaha Pada Pengusaha Makanan dan Minuman di Surabaya. J. Agora. 4(1): 613 – 619.
Slamet, M., dan E. Bintoro. 2019. Pengaruh Pengalaman, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Industri di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Management and Accounting Research Journal. 4(1): 92 – 102.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suryana. 2011. Kewirausahaan. Jakarta:Salemba Empat.
Tambunan, E. S. 2020. Pengaruh Modal Usaha, Kemampuan Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasar Tiban Sunday Morning UGM. J. Pendidikan dan Ekonomi. 9(3): 219 – 247.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Uno, B. H. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:PT. Bumi Aksana.
Published
2022-01-20
How to Cite
Aisyah Nur Wastuti, Sumekar, W., & Prasetyo, A. S. (2022). Pengaruh Motivasi Usaha dan Kemampuan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha di UMKM Pengolahan Pisang Kelurahan Rowosari, Tembalang Semarang. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 195 - 208. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.890