/

Pengaruh Kebijakan PPKM Tahap II Jawa Tengah Terhadap Mobilitas Penduduk Pada Sektor Retail dan Rekreasi

  • Bagus Nuari Priambudi Diponegoro University
  • Nofa Martina Ariani Diploma 3 PTWRK PSDKU, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Semarang
  • Muhammad Indra Hadi Wijaya Diploma 3 PTWRK PSDKU, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Semarang
  • Brian Pradana Diploma 3 PTWRK PSDKU, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Semarang
Keywords: Covid-19, Google Mobility, Kebijakan, Korelasi

Abstract

Mobilitas penduduk perkotaan menuju ke sektor potensial merupakan salah satu bentuk perputaran kegiatan ekonomi. Namun kondisi tersebut, saat ini terganggu karena adanya Covid-19. Kondisi ini terjadi hampir di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk menekan penyebaran wabah yang semakin pesat, beberapa kebijakan dikeluarkan supaya dapat memangkas mobilitas penduduk yang tinggi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan kebijakan PPKM Tahap II terhadap Mobilitas Penduduk pada sektor retail dan rekreasi. Artikel ini menggunakan pendekatan kajian pustaka dengan mengolah data google mobility report, sehingga diketahui korelasi terhadap variable yang diuji. Kebijakan PPKM Jateng Tahap II dapat mempengaruhi mobilitas penduduk menuju sektor retail dan rekreasi. Adanya kebijakan tersebut, secara tidak langsung membatasi ruang aktivitas masyarakat dalam melakukan pergerakan

References

Bedford, J., Enria, D., Giesecke, J., Heymann, D. L., Ihekweazu, C., Kobinger, G., … Wieler, L. H. (2020). COVID-19: towards controlling of a pandemic. The Lancet, 395(10229), 1015–1018. https://doi.org/10.1016/S01406736(20)30673-5

Behrendsa, S., Londholme, M., & Woxeniusb, J. (2008). The Impact of Urban Freight Transport: A Definition of Sustainability from an Actor's Perspective. Transportation Planning and Technology, 31(6).

Detikcom.2021.Ungkap Corona Masuk RI Sejak Januari , Pakar UI : Pemerintah Menyangkal Terus. Trans Media, pp. 1–6. (2020, April 20)

Dian Wahyudin.(2018). Peluang Dan Tantangan “Big Data” Dalam Membangun “Smart City” Untuk Sistem Transportasi. Jurnal Reformasi Administrasi Vol. 5, No. 1, September 2018, pp. 109-115.

Primerano,.2018." Defining and Understanding Trip Chaining Behaviour," Transportation 35, F.M.A.P. T. L. P. a. P. T.

Ghiffari, Rizki Adriadi. 2020. Dampak Populasi Dan Mobilitas Perkotaan Terhadpenyebaran Pandemi Covid-19 Di Jakarta. Jurnal Tunas Geografi Vol. 09 No. 01 2020. e-ISSN: 2622-9528 p-ISSN: 2301-606X. available at http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tgeo

Google.2021.Laporan Mobilitas Masyarakat Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia April 2021.https://www.google.com/covid19/mobility/. Diakses 21 April 2021.

Hidayah, Nur.2021. "Info Jateng Terkini & Alasan Kebijakan Jateng di Rumah Saja 2 Hari", https://tirto.id/f91B. Diakses 25 Maret 2021.

Jesson, J. K., Matheson, L., & Lacey, F. M. (2011). Doing Your Liteature Review: Traditional and Systematic Tehcniques. California, USA: SAGE Publication, Ltd.

Merler, S., & Ajelli, M. (2010). The role of population heterogeneity and human mobility in the spread of pandemic influenza. In Proceedings of The Royal Society (pp. 557–565). The Royal Society. https://doi.org/ 10.1098 / rspb.2009.1605

Neiderud, C. J. (2015). How urbanization affects the epidemiology of emerging infectious diseases. African Journal of Disability, 5(1), 1–9. https://doi.org/ 10.3402/ iee.v5.27060

Nishimura, A., Tabuchi, Y., Kikuchi, M., Masuda, R., Goto, K., & Iijima, T. (2016). The Amount of Fluid Given During Surgery That Leaks Into the Interstitium Correlates With Infused Fluid Volume and Varies Widely Between Patients. Anesthesia & Analgesia, 123, 1. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000001505

Nugroho, Yoga Dwi Nugroho, Kadek Ari Pratiwi Kasuma. 2019. Analisis Perubahan Mobilitas Terhadap Proses Remediasi Dampak Covid-19 Di Indonesia
Menggunakan Data Google Mobility. Di Dalam Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistics dalam mendukung Implementasi SDG’s. Halaman 344 – 348
Schober, P., & Schwarte, L. A. (2018). Correlation coefficients: Appropriate use and interpretation. Anesthesia and Analgesia, 126(5), 1763–1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864
Sampi, J dan Jooste, C. (2020). Nowcasting Economic Activity in Times of COVID-19: An Approximation from the Google Community Mobility Report. World Bank Group, Macroeconomics, Trade and Investment Global Practice, Policy Research Working Paper 9247.
Sands, P., El Turabi, A., Saynisch, P. A., & Dzau, V. J. (2016). Assessment of economic vulnerability to infectious disease crises. The Lancet, 388(10058), 2443–2448. https://doi.org/10.1016/S01406736(16)30594-3
S. Warpani. 1990. "Merencanakan Sistem Perangkutan," ITB,
Toole, M. J., & Waldman, R. J. (1990). Prevention of Excess Mortality in Refugee and Displaced Populations in Developing Countries. JAMA: The Journal of the American Medical Association, 263(24), 3296–3302.https://doi.org/10.1001/jama.1990.03440240086021

Wang, H dan Yamamoto, N. (2020). Using Partial Differential Equation with Google Mobility Data to Model COVID-19 in Arizona. School of Mathematical and Natural Sciences Arizona State University
Published
2022-01-19
How to Cite
Nuari Priambudi, B., Ariani, N. M., Wijaya, M. I. H., & Pradana, B. (2022). Pengaruh Kebijakan PPKM Tahap II Jawa Tengah Terhadap Mobilitas Penduduk Pada Sektor Retail dan Rekreasi. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 189 -. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.904