/

ANALISIS DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN GABAH DI KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH

  • Miranda Natalia Universitas Diponegoro
  • Mukson Fakultas Pertanian dan Peternakan/Agribisnis, Universitas Diponegoro
  • Migie Handayani Fakultas Pertanian dan Peternakan/Agribisnis, Universitas Diponegoro
Keywords: farmer's share, grain distribution, market efficiency

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran distribusi gabah, margin dan efisiensi pemasaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi pemasaran gabah di Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. Penelitian dilakukan pada bulan November – Desember 2021. Pemilihan lokasi dengan pertimbangan Kecamatan Tersono sebagai daerah penghasil beras terbesar di Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.  Pengambilan sampel petani dilakukan dengan kuota sampling sebanyak 60 sampel petani. Sampel lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling sebanyak 20 sampel lembaga pemasaran. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara dengan responden dan data sekunder dari instansi terkait seperti BPS, Dinas Pertanian, dan Kantor Kecamatan. Metode analisis digunakan adalah metode deskriptif dan statistik dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 pola saluran pemasaran gabah, yaitu (1) petani – penggilingan padi, (2) petani – penebas – penggilingan padi, dan (3) petani – penebas – pedagang pengumpul – penggilingan padi. Nilai margin pemasaran pada tiap pola I, II, dan III masing-masing sebesar Rp. 0/kg, Rp 454,-/kg, dan Rp 667,-/kg. Sedangkan efisiensi pemasaran pada masing-masing pola I, II, dan III adalah 100%, 90,4%, dan 86,6% sehingga semua pola distribusi gabah tergolong efisien. Faktor harga jual di tingkat produsen (X1), harga beli di tingkat konsumen (X2), jumlah lembaga pemasaran yang dilalui (X3), dan biaya pemasaran (X4) berpengaruh sangat nyata (p<0,01) terhadap efisiensi pemasaran (Y).

References

Andriani, M., I. Salam, dan W. O. Yusria. 2018. Analisis Pemasaran Berasd i Desa Amerono Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Jurnal Ilmiah Agribisnis, 3 (2): 26 - 29.

Caesara, V., M. Usman, dan A. Baihaqi. 2017. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Biji Kopi (Green Bean) Arabika di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(1): 250 – 261.

Downey, W., P. Erickson. 1992. Manajemen Agribsnis. Erlangga: Jakarta.

Handayani, S. M., dan I. Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan, 9 (1): 41 - 52.

Hapsari, T. D. 2014. Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnusaffinis) di TPI Ujungbatu Jepara. Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumberdaya Perairan. 2(2): 131 – 138.

Herawati, N., dan H. Sasana. 2013. Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Pengalaman Kerja, Jenis Kelamin, dan Umur terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Industri Shuttlecock Kota Tegal. Jurnal Of Economics, 2 (4): 1 - 8.

Juliansyah, H., & Riyono, A. 2018. Pengaruh Produksi, Luas Lahan dan Tingkat Pendidikan terhadap Pendapatan Petani Karet di Desa Bukit Hagu Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 1(2), 65-72.

Jumiati, E. 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Kelapa di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal Agrifor. 11 (1): 1 – 10.

Karo, M., Arnawa, I. K., dan Martiningsih, N. G. A. G. E. 2020. Rentabilitas Usaha Penjualan Gabah di Subak Delod Sema Desa Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Agrimeta: Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem, 10(19): 42-47.

Kohls, Richard L., and Joseph N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products: MacMillan Publishing Company: New York.

Lestari, O., Hasyim, A. I., dan Kasymir, E. 2017. Analisis Usahatani Dan Efisiensi Pemasaran Kopi di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis. Journal of Agribusiness Science, 5 (1): 1 – 8.

Manatar, M. P., Laoh, E. H., dan Mandei, J. R. 2017. Pengaruh Status Penguasaan Lahan terhadap Pendapatan Petani Padi di Desa Tumani, Kecamatan Maesaan, kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Agri-Sosioekonomi, 13(1): 55 – 64.

Muhdiar, M., dan A. S. Halimah. 2020. Analisis Margin Pemasaran Beras Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4: 79 – 86.

Popoko, S. 2013. Pengaruh Biaya Pemasaran terhadap Tingkat Pendapatan Petani Kopra di Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal UNIERA. 2(2): 80 – 91.

Pujiati, S., N. Kusrini, dan D. Kurniati. 2014. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Marjin Pemasaran Karet Rakyat di Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian. 1 (1): 1 – 12.

Ridha, A. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani di Kecamatan Nurussalam Aceh Timur. Jurnal Samudra Ekonomika. 1(2): 165- 173.

Ruauw, E. 2015. Kajian Distribusi Pangan Pokok Beras di Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Agri-Sosioekonomi. 11(1): 58 – 68.

Saputra, A. R., Setiawan, I., dan Setia, B. 2021. Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Varietas Tanjung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. 8(3): 844-853.

Septiadi, D., dan U. Joka. 2019. Analisis Respon dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beras Indonesia. Jurnal AGRIMOR. 4(3): 42 – 44.

Sundah, D., A. B. H. Jan dan J. S. B. Sumarauw. 2019. Analisis Saluran Distribusi Ikan Mujair Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. J. EMBA. 7 (1): 251 – 260.

Thalib, F. 2013. Analisis Margin Pemasaran Ayam Pedaging di Kota Utara Kota Gorontalo, Jurnal KIM Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian. 1(1): 1 – 9.

Published
2023-01-04
How to Cite
Miranda Natalia, Mukson, & Handayani, M. (2023). ANALISIS DISTRIBUSI DAN EFISIENSI PEMASARAN GABAH DI KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(2), 151 - 162. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v20i2.968