/

TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH DI DESA PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG

  • Akhmad Aqil Mushoddaq Universitas Diponegoro Semarang
  • Wulan Sumekar
  • Suryani Nurfadillah
Keywords: Counseling, Importance, Performance, Satisfaction

Abstract

The Agricultural extension activities provides some agricultural extension services to farmers. The poor performance of the agricultural extension than the farmer’s expectations has an impact on the level of farmers satisfaction. The purpose of this study was to analyze the level of performance, satisfaction, and the level of interest of farmer groups towards extension services in Purwosari Village, Mijen District, Semarang City. This research used 70 samples of farmer respondents that were selected using simple random sampling. Data were collected using interviews, observation, and documentation. Results of the Importance Performance Analysis (IPA) defines five attributes in quadrant I (Main Priority), three attributes in quadrant II (Maintain Achievement), two attributes in quadrant III (Low Priority), and four attributes in quadrant IV (Excessive). The result of the Customer Satisfaction Index (CSI) describes that the performance attributes of agricultural extension is 65.6%. This value (in the range of 33.4% - 66.5%) identifies that overall farmers in Purwosari Village were quite satisfied with the performance of agricultural extension workers.

References

Badan Pusat Statistik Kota Semarang. 2021. Kecamatan Mijen Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik, Semarang.

Badan Pusat Statistik. 2020. Booklet Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2020. Badan Pusat Statistik.

Departemen Pertanian. 2009. Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian. (www.pustaka.deptan.go.id).

Dewi, I. N., S. A. Awang, W. Andayani dan P. Suryanto. 2018. Karakteristik petani dan kontribusi hutan kemasyarakatan (HKm) terhadap pendapatan petani di Kulon Progo. J. Ilmu Kelautan 10 (2) : 86 – 98.

Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., dan Mukti, G. W. 2017. Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen. J. Agrosains dan Teknologi. 1(2): 47-63.

Hasiholan, B. 2018. Wujud makna prinsip penyuluhan terhadap azas-azas penyelenggaraan penyuluhan pembangunan pertanian. J. Ilmiah Skylandsea. 2 (1) : 37-42.

Hidayat, Y., Ismail, A., dan Ekayani, M. 2017. Dampak Konversi Lahan Pertanian Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi. J. Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian 20 (2): 171-182.

Ibrahim, J. T., A. Sudiyono dan Harpowo. 2003. Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian. Bayumedia Publishing dan UMM Press, Malang.

Indriani, D. 2019. Efektivitas pemberdayaan kelompok tani oleh balai penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan (BP3K) dalam meningkatkan hasil pendapatan usaha tani di Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. J. Moderat. 5 (4) : 449 – 459.

Kristanti, M. D., W. Sumekar. dan D. Mardiningsih. 2018. Tingkat kepuasan petani tembakau terhadap program kemitraan usaha dengan PT Sadhana Arif Nusa di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. J. Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Sungkai. 6 (2) ISSN 2302-0784.

Mulyani, S.I., A. Sulistyo, dan R. Jafar. 2019. Tingkat motivasi petani dan kualitas pelayanan penyuluhan pertanian di kawasan perbatasan (studi kasus di Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan). J. Borneo Saintek. 2(1): 1 - 13.

Oktinafuri, D. dan S. Sudrajat. 2016. Pengaruh status kepemilikan lahan sawah terhadap intensitas penanaman di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. J. Bumi Indonesia 5 (4) : 1– 6.

Rangkuti, F. 2006. Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Susanti, D., N. H. Listiana dan T. Widayat. 2016. Pengaruh umur petani, tingkat pendidikan dan luas lahan terhadap hasil produksi tanaman sembung. J. Ilmu-ilmu Pertanian Mediagro. 9 (2) : 75-82.

Sutrisno, S. 2016. Kinerja penyuluh pertanian dalam memberdayakan petani. J. Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK. 12(1): 69 - 80.

Tedjaningsih, T., Suyudi, dan H. Nuryaman. 2018. Peran kelembagaan dalam pengembangan agribisnis mendong. J. Pemikiran Masyarakat Berwawasan Agribisnis. 4 (2): 210 – 226.

Trinoto, A. A. dan A. Zamakhsari. 2021. Analisis kepuasan pelanggan terhadap aplikasi pelayanan pelanggan dengan metode CSI dan servqual. J. Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Tekonologi. 5 (3): 342 – 347.

Published
2023-02-07
How to Cite
Akhmad Aqil Mushoddaq, Sumekar, W., & Nurfadillah, S. (2023). TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH DI DESA PURWOSARI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(2), 239-253. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v20i2.981